Senin, 18 Agustus 2014

Iga Bakar Kecap


Kemarin dari pagi sampai malam, cuma mikirin pilihan menu mengolah iga sapi. Secara baru kali ini saya mengolah iga sapi. Padahal gak punya panci presto tapi terlanjur kepincut sama sebungkus iga di supermarket hihihi.Dan lagi mumpung suami juga setuju mengolah iga.

Kemarin pun sempat diskusi dengan suami, enaknya dimasak apa iganya. Secara kalau asal masak sesuai selera saya, suami belum tentu mau makan. Setelah dipilih-pilih, akhirnya pilihan akhir jatuh pada iga bakar kecap. Resep saya nyontek di Sajian sedap  Berikut resep iga bakar kecapnya.

Iga Bakar Kecap
Resep: Sajian sedap

Bahan:
250 gr iga sapi, potong
3 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay ukuran kecil, cincang halus
2 cm jahe, cincang halus
1 1/2 sdm kecap manis
1 sdt madu
1/2 sdm saus tiram
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
500 ml air
minyak secukupnya untuk menumis

Cara membuat:
-Tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe sampai harum. Tambahkan iga, aduk sampai berubah warna.
-Masukkan kecap manis, madu, saus tiram, garam, merica bubuk, pala bubuk aduk rata. Tuang air secara bertahap. Masak sampai matang dan meresap.
-Bakar sambil doles sisa bumbu sampai harum dan kecoklatan.


Alhamdulillah suami suka dan sempat protes kenapa bumbunya gak dibanyakin saja saking enaknya hihi. Hanya saja saya perlu trik supaya daging iganya lebih empuk meski tanpa presto. Suami sempat berujar sih, mungkin kalau dipresto bisa lebih emput dan cepat. Saya iyain dong, siapa tahu ntar dibelikan presto kan lumayaan bisa bikin bandeng presto pula. Saya juga jadi rajin dan semangat masak sendiri di rumah hehehe...modus.

Makannya saya sandingkan dengan brokoli, wortel dan buncis rebus. Enak lagi dicocol sama saus sambal. Sedaaap betul hihi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar