Minggu, 31 Agustus 2014

Pie Apel Kacang

Sebenarnya sudah pengen posting dari kemarin-kemarin, tetapi malas mengetik sedang melanda saya hehe. Akhirnya upload fotonya terlebih dahulu baru disimpan di draft deh #jangan ditiru

Saya sudah lama pengen bikin pie apel ini, secara di Malang kan terkenal dengan julukan kota Apel. Hanya saja selalu kepentok dengan mood dan bahan. Kalau gak bahan siap, mood yang belum 100 % menghinggapi ataupun sebaliknya.
Nah tempo hari bingung mau bikin cemilan apa, baru deh mood dan hati tergerak 100 % untuk bikin pie apel. Ada sisa apel malang 2 biji di kulkas, ada sisa kacang oven pas stok lebaran dan ada sedikit kismis.
Ngupreklah saya di dapur sambil momong balita umur 1,5 tahun yang tingkah polahnya makin aduhai. Oh iya, untuk pie aple ini saya pakai resepnya Rafeila Reggie.

Pie Apel Kacang

Bahan:
100 gr kacang sangrai, haluskan
125 gr tepung terigu
30 gr gula halus
90 gr margarin dingin
1 sdm air es (secukupnya)
2 sdm margarin untuk olesan
2 sdm tepung terigu untuk taburan

Bahan topping:
100 gr kacang sangrai, haluskan (resep asli 200 gr)
100 gr gula pasir
50 gr mentega
1 btr telur
1/2 sdt garam (secukupnya)
1/2 sdt vanili bubuk
1 1/2 buah apel malang, kupas, iris tipis-tipis 
3 sdm sari jeruk manis
3 sdm gula pasir
1 sdm gula palem
50 gr kismis

Cara membuat:
- Campur kacang halus dengan tepung terigu, gula halus, dan margarin dengan 2 pisau hingga adonan menjadi butiran-butiran kecil. Tambahkan air es, uleni sejenak hingga tercampur rata.
- Bentuk bulat adonan, bungkus dengan plastik, dan diamkan dalam lemari es selama kurleb 40 menit.
- Taburi alas datar dengan tepung terigu, tipiskan adonan setebal 3 mm di atasnya, kemudian potong2 bundar bergaris 28 cm.
- Topping: Haluskan kacang, campur dengan 100 gl pasir, mentega, telur, garam dan vanili bubuk hingga rata.
- Ambil cetakan bergaris tengah 20 cm, olesi margarin (aslinya 22 cm)
- Ratakan campuran kacang di dasar adonan, tata irisan apel secara melingkar di atasnya, perciki dengan sari jeruk manis, 3 sdm gula pasir, gula palem dan kismis, panggalah hingga matang dan apel lunak.


Alhamdulillah hasilnya enak, sampai besoknya pun tetap enak dan sebagian sempat saya suguhkan untuk teman suami yang mampir ke rumah. Karena rencana selepas sholat Jum'at ada acara kondangan teman kantor yang rumahnya gak jauh dari rumah yang saya tempati sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar