Senin, 19 Mei 2014

Puding Lapis Jeruk Mandarin



Malang kalau siang lagi panas-panasnya butuh yang seger-seger dong. Ada sisa jeruk mandarin kalengan di kulkas, sisa bikin puding tart buah untuk oleh-oleh silahturahmi ke rumah bulek saya. Daripada kelamaan dan akhirnya asem, secara jeruk mandarin kalengan kalau sudah dibuka gak bisa disimpan lama. Akhirnya saya bikin puding lapis saja. Memakai resep di buku Puding Lapis-nya Zulkayarni Lala Komala yang sudah saya modifikasi.

Perpaduan yang pas menurut saya, manis dan sedikit asam jeruk dipadu dengan susu. Membuatnya pun simple. Oh iya, tips bikin puding lapis. Biarkan puding membeku sempurna, nanti dikerat dengan ujung pisau permukaannya. Baru tuang lapisan berikutnya. Kenapa dikerat? Untuk mengikat antar lapisan. Mengeratnya pun gak perlu terlalu dalam, asal cukup untuk celah lapisan atas masuk.
Untuk fla-nya saya pakai yang bungkusan instan, karena sudah lama beli dan tak diolah. Akhirnya saya pakai daripada kadaluarsa. Berikut resep pudingnya;


Puding Lapis Jeruk Mandarin
Modif : Ivonie Zahra

Bahan:
Untuk lapisan puding susu:
1 bungkus agar-agar plain/putih
300 cc susu cair
200 cc air
100 gr gula pasir
½ kaleng jeruk mandarin

Untuk lapisan orange susu:
½ bungkus agar-agar orange
1 sdt jelly bubuk
400 cc air
100 gr gula pasir

Untuk lapisan orange bening:
½ bungkus agar-agar orange/jeruk
1 sdt agar-agar kuning
400 cc air
100 gr gula pasir
Pewarna orange secukupnya

Cara membuat:
1.   Buat lapisan puding susu jeruk terlebih dahulu. Campur semua bahan kecuali jeruk mandarin, masak  hingga mendidih, angkat. Tuang dalam cetakan persegi/loyang diameter  20/22 cm. susun jeruk mandarin di dalamnya, biarkan mengeras.
2.   Buat lapisan orange susu. Campur semua bahan, masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk, angkat, biarkan uap panas hilang. Tuang di atas lapisan puding jeruk mandarin yang sudah dikerat permukaannya pakai ujung pisau. Biarkan mengeras.
3.   Buat lapisan puding orange bening. Campur semua bahan, masak sambil diaduk hingga mendidih. Biarkan uap hilang, tuang di atas lapisan puding orange susu. Bekukan.
4.   Potong-potong dan sajikan dengan vla.


Menurut saya vla instan itu ternyata gak enak. Lebih enak yang pernah saya bikin sendiri. Jadinya kurang cocok di lidah saya. Suami pun begitu. Next bikin puding pakai vla, mending bikin sendiri saja deh.

2 komentar:

  1. mba, kalo jeruk mandarin kalengnya d ganti sama buah jeruk biasa...bisa kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mbak, seratnya diberishkan dulu biar gak pahit

      Hapus