Senin, 01 September 2014

Tumis Scallop Bunga Bawang

Tanggal tua kok belanja? Mungkin begitu ya komentar kebanyakan orang. Karena kebiasaan belanja apalagi untuk belanja bulanan ya awal bulan menunggu suami gajian kalau seperti saya yang hanya ibu rumah tangga. Tetapi itu tidak selamanya berlaku bagi saya. Kenapa? Ya, sebagai ibu-ibu rumah tangga pasti tahu dong yang namanya diskonan? Siapa coba yang tidak tergiur xixixi. 

Di supermarket besar langganan saya belanja, tiap akhir bulan selalu mengadakan promo maupun diskon hingga 50 %. Dan kesempatan itu saya manfaatkan dengan baik :D #gakmaurugi . Akhirnya Sabtu malam selepas menonton kirab budaya, saya mengajak suami untuk belanja bulanan. Dananya? pakai dana cadangan yang ada di tabungan, nanti sudah terima gaji baru diganti hehehe.
Overall, saya belanja kebutuhan bulanan seperti sabun cuci dkk. Bener banget kan, ada diskonan sepeti buah-buahan diskon 50 %, bahan mentah seperti kerang, ikan potong juga ada diskon 50 % dengan used date masih 3 hari-an, lumayan khan. 
Nah salah satu bahan hasil diskonan adalah scallop. Seumur-umur saya belum pernah makan, apalagi mengolahnya. Akhirnya mengambil satu bungkus meski belum tahu ada gambaran mau dimasak apa. Suami sempat tanya apa dan mau dimasak apa nantinya. Jawab saya sih simpel saja.
"Nanti googling resep" :D. Sudah ada scallop bingung mau dipasangkan sama apa?
Pas banget kemarin jalan-jalan ke pasar Minggu beli sayur serba dua ribu, dapat sebungkus cuciwis, satu ikat bunga bawang dan 1 bungkus baby buncis. Yeay, punya stok sayur sampai 3 hari mendatang. Aman.
Usai browsing sana-sini, saya putuskan scallop-nya ditumis dengan bunga bawang saja. Bumbunya pun simpel dan cepat masaknya.

Tumis Scallop Bunga Bawang

Bahan:
200 gr scallop, kukus 10 menit
1 ikat bunga bawang, pot 4 cm

Bumbu:
3 siung bawang putih, cincang
1 cm jahe, memarkan
1 sdm saus tiram
1/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
air secukupnya

Cara memasak:
- Panaskan wajan, beri sedikit minyak.
- Masukkan bawang putih dan jahe, tumis hingga harum
- Masukkan bunga bawang, tumis hingga setengah layu
- Tambahkan saus tiram, gula pasir dan garam, aduk rata. Beri sedikit air, aduk rata. 
- Masukkan scallop, aduk rata. masak hingga matang.
- Angkat dan sajikan.

Tadi belum sempat buat sarapan, karena sarapan pancake pisang. Dan masih menunggu bagaimana komentar suami. Secara dia gak terbiasa makan sayur yang menurutnya tidak familiar. Saya berharap sih semoga suami suka. Kalau saya untuk masakan bunga bawang sudah pernah memakan dan memang rasanya enak dan renyah sayurnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar