Kamis, 06 November 2014

Terong Bakar Balado # IDBF Challenge : Kreasi Dapur Bersama Sajian Sedap

Saya baru ingat pernah diundang challenge baru di IDBF sama mbak Anne. Waktu itu masih saya simpan dulu karena ada syarat mesti dowload E-magz Saji/Sedap. Berhubung masih bingung, ya saya pending dulu. nah, beberapa hari yang lalu mbak Anne memberi update info lagi mengenai challenge, bisa langsung replika resep di web sajian sedap, gak perlu download E-Magz-nya.

Semalam pas belanja awalnya ingin masak tumis kangkung. Tapi begitu sampai di tukang sayur langganan, saya malah terpikat sama sayur terung hijau. Ingatan langsung ke challenge. Sekalian deh masaknya buat ikutan lomba hehe. 
Setelah dipilih-dipilih, jatuh pada resep terong bakar balado. Bahan dan bumbu pas banget semuanya punya. Berikut saya tulis ulang bumbunya.

Terong Bakar Balado

Bahan:
5 buang terong hijau, belah 2 tidak terputus
2 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
2 sdt garam
1 sdm gula merah
100 ml air
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu tumbuk kasar :
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
4 butir kemiri, disangrai
2 buah cabai merah besar
4 buah cabai merah keriting
1/2 sdt terasi dibakar

Cara membuat:
- Bakar terong sambil dibolak-balik sampai matang dan kecoklatan, sisihkan.
- Panaskan minyak, tumis bumbu tumbuk kasar dan daun jeruk hingga harum.
- Tambahkan garam dan gula merah, aduk rata. Tuang air, aduk rata.
- Menjelang diangkat, masukkan terong bakar, aduk hingga berbalut  bumbu.
- Angkat dan sajikan.

Rasa bumbunya pas banget. Enak, akhirnya bisa juga bikin terong bakar balado dengan bumbu yang mantab. Senangnya lagi dapat pujian dengan nilai 8 dari suami. Terima kasih Sajian sedap untuk resepnya. 
Makan sama terong bakar balado ini, beneran bikin nasi habis banyak dan gak kerasa. Inginnya makan terus hehe. Bumbu dan cara membuatnya pun praktis.

3 komentar:

  1. nom nom nom....bisa ngabisin nasi sebakul ini mba kl lauknya terong balado ituh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Wulan, jadi pengen masak ini lagi hehehe.
      Makasih mbak sudah berkunjung ke blog saya ^_^

      Hapus
  2. nih signature dishnya opungku nih...
    klo aku males giling cabesnya soalnya, balado lbh enak pake cabe ulek

    BalasHapus