Minggu, 23 November 2014

Potato Casserol with Struessel # HomeWork # 2 KB 2014

Tantangan kali ini di Kitchen Blog adalah casserole. Dan saya memutuskan untuk membuat potato casserole. Membuat casserole ini bukan kali pertama buat saya. Sebelumya sudah sering membuat tetapi versi untuk Mpasi Aiman. Pernah juga bikin yang saya konsumsi sendiri alias saya dan suami yang makan.

Pas banget di rumah cuma saya dan Aiman, karena papanya dinas ke luar kota. Dikutsertaakan diklat perpustakaan di Jakarta. Daripada bingung memasak menu apa. Jadilah casserole  buat ikutan challenge sekaligus jadi menu seharian hihihi. Saya bikin potato casserole karena menyesuaikan bahan yang ada saja di rumah. Kebetulan ada kentang dan isiannya pakai sayuran. Buatnya sekalian pula bisa dimakan Aim, biar emaknya ini gak dua kali masak #edisi gak mau ribet.
Saya pakai resep modifikasi sana-sini. Berikut resep ala saya.

Potato Casserole with Struessel
Bahan:
300 gr kentang, kukus dan haluskan
30 gr wortel, pot kotak kecil
100 gr jagung pipil
5 lonjor buncis, iris 1 cm
100 gr brokoli, cincang kasar
50 gr bawang bombai, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
50 gr fillet dada ayam, cincang halus
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
2 butir telur, kocok lepas
1 sdt minyak wijen
2 sdm extra light olive oil, untuk menumis

Bahan saus keju:
1 ½ sdm extra light olive oil
1 sdm tepung terigu
100 ml susu cair
¼ sdt merica bubuk
1/8 sdt pala bubuk
1/8 sdt garam
50 gr keju cheddar parut

Bahan strussel :
2 sdm tepung panir
1 sdm margarine
2 sdm keju cheddar serut.

Cara membuat:
-          Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum, Masukkan daging ayam, aduk hingga berubah warna. Tambahkan jagung pipil, wortel, buncis dan brokoli aduk rata hingga sayuran layu. Tambahakn merica bubuk, gula pasir, dan garam, aduk rata. Masukkan telur kocok, aduk rata.
-          Panaskan oven suhu 180 C. Siapkan mangkok tahan panas, sisihkan.
Cara membuat saus keju:
-          Panasakan minyak goreng, masukkan tepung terigu, aduk-aduk sebentar. Tuang susu cair sambil diaduk hingga rata. Tambahkan merica bubuk, pala bubuk, garam dan keju. Aduk hingga rata dan mengental, angkat.
Cara membuat struessel :
-          Remas-remas tepung panir dan margarine, tambahkan keju.
Penyelesaian:
-          Tuang kentang di dasar mangkok tahan panas, ratakan.
-          Masukkan sayuran yang sudah dimasak hingga ½ tinggi mangkok.
-          Tuang saus keju di atasnya hingga rata.
-          Taburkan struessel di atasnya.
-          Panggang dalam oven hingga matang, kurleb 30 menit.
-          Sajikan.


Alhamdulillah Aiman pun suka, dia habis satu cup. Oh iya, sebagian adonan saya panggang di cup silicon yang khusus buat Aiman. Saus kejunya yummy, seperti keju mozzarella yang meleleh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar