Jumat, 14 November 2014

Zebra Cake Putel

Siangnya saya mendapat tag zebra cake dari teman di facebook. Sore, saya ingat punya simpenan putih telur yang lumayan, sisa dari orderan pie susu dan kue kering. Ketimbang kelaman di kulkas rusak dan sayanya mau mudik ke Blitar. Jadilah habis Magrib nguprek di dapur mengolah si putih telur itu jadi zebra cake.

Jujur, saya juga penasaran. Sudah sering lihat tekniknya baru kali ini saya praktekkan.
Saya pakai resep Asmara Dewi tapi tak modif. Berikut resepnyasaya tulis ulang dan sudah dimodifikasi.

Zebra Cake Putih Telur

Bahan:
200 gr putih telur
50 gr margarin
1/4 sdt garam
150 gr gula pasir
1 sdm emulsifier
1/2 sdt vanili bubuk
100 ggr tepung terigu protein sedang
Pasta pandan secukupnya
Pasta coklat black forest secukupnya

Cara membuat :
1. Siapkan loyang ukuran 20x20x7 cm (bisa kotak atau bulat) oles dengan margarin dan alasi dengan kertas roti, oles dengan margarin lagi, sisihkan.
2. Lelehkan margarin, sisihkan.
3. Kocok putih telu, garam, gula dan emulsifier sampai mengembang dan soft peak, jangan terlalu kaku.
4. Masukkan tepung terigu, kocok dengan speed rendah atau pakai spatula aduk balik sampai rata.
5. Maukkan margarin, aduk balik sampai rata.
6. Bagi dua adonan, masing-masing beri pasta pandan dan coklat black forest, aduk rata.
7. Tuang adonan pandan dengan sendok sayur ke dalam loyang pas ditengahnya. Kemudian menyusul adonan coklat  pas di atas adonan pandan, nanti ada membentuk garis lingkaran dnegan sendirinya. Lakukan sampai adoanan habis.
8. Kukus adonan dengan api sedang kurang lebih 20 menit sampai matang.
9. Angkat, dinginkan dan sajikan

Nah berhubung saya bikin dua resep sekaligus. Satu loyang saya bikin versi kukus dan satu loyang lagi versi panggang. Untuk hasil yang versi kukus, mengembang cakep dan menul-menul menggoda. Sedangkan yang panggang saya menunggunya sambil harap-harap cemas, secara baru pertama kali manggang cake dari bahan putih telur. 

Dan bisa ditebak, mengembang cuma matangnya jadi lebih lamaa, sampai2 saya gak sabar nih bolak-balik buka pintu oven. Untuk tekstur lumayanlah, meski menurut saya memang lebih cocok di kukus adonan putih telur ini. Untuk rasa, sama enaknya, makan sepotong gak cukup :D


2 komentar:

  1. Cantik kedua2nya kok mba...
    Tp kl mnurutku, rasanya putel tu ya teteup anyep gitu deh... hehehe... mendingan d kukus d loyang, dipotong2 trus dibelado... hmmm...

    Hehe... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak :)
      Iya, cuma kalau dikasih pasta masih lumayan ada rasanya mbak. Ini edisi nyuguhin cemilan buat pak tukang juga hihihi
      Wah kalau itu pasti enak, sayang suami kurang suka mbak, mending dibikin kue aja :D

      Hapus