Sabtu, 29 November 2014

Super Fudge Oatmel Brownies # NCC Brownies Week

Alhamdulillah, setoran yang pertama ikutan NCC Brownies Week diterima alias lolos. Dan saya makin semangat untuk ikutan lagi. Kalau yang pertama browniesnya versi kukus, kali ini saya bikin yang versi panggang. Supaya pas sepasang hehehe, kayak apaan aja pakai sepasang segala ya.

Untuk resep browniesnya saya pakaisuper fudge browniesnya mbak Ricke yang sudah saya modif. Saya tambahkan oatmel bahan bakunya, meski tepung terigu tetap dipakai.  Berikut resepnya modifikasi saya, cara bikinnya pun gampang Cuma diaduk-aduk pakai whisk saja.

Super Fudge Oatmeal Brownies
Resep : Ricke Indriani
Modifikasi : Ivonie Zahra

Bahan:
120 gr butter
100 gr tepung terigu pro sedang
30 gr oatmeal, haluskan
20 gr coklat bubuk
10 gr black cocoa
½ sdt baking powder
½ sdt garam
225 gr dark cooking chocolate, potong-potong, lelehkan
280 gr gula pasir
3 butir telur ukuran besar

Cara membuat:
-Panaskan oven denfan suhu 180 C, olesi loyang persegi ukuran 22x22x4 cm dengan margarine. Alasi dengan kertas roti, lebihkan 3 cm (untuk memudahkan mengeluarkan brownies dari loyang) karena brownies tidak dibalik cara mengeluarkannya. Olesi lagi kertas roti dengan margarine, sisihkan.
- - Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam, siishkan
L- lelehkan butter dan dark cooking chocolate (dengan cara ditim). Aduk rata sampai lembut dan licin, angkat , masukkan gula pasir. Aduk rata dengan whisk atau mixer kecepatan rendah. Masukkan telur, aduk rata lagi.masukkan campuran tepung, aduk rata dengan whisk sebentar saja, jangan overmix.
- - Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaan. Panggang dalam oven smpai matang (lakukan tes tusuk untuk memastikan) kurang lebih 50-60 menit. Permukaan aka terbentuk shiny crust khas brownies dan bagiann tengah sudah kokoh bila ditekan.
- - Keluarkan dari oven, diamkan dalam loyan selama 30 menit. Keluarkan brownies dengan cara mengangkat perlahan kertas roti. Dinginkan ddi atas rak kawat beserta kertasnya. Setelah dingin, potong-potong sesuai selera. 

s
s   Setelah matang, oatmelnya berasa banget dalam teksturnya meski penggunananya tidak banyak.

2 komentar:

  1. Terasa berkeping-keping ya Mba Ivon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya mbak yng lebih berasa, soalnya kan oatmealnya aku blender :D

      Hapus