Rabu, 12 November 2014

Jus Apel Calamansi

Kapan hari pas buka blog, saya tertarik blogwalking ke blog kak Ita masam manis. Ada minuman segar dari bahan apel hijau dan jeruk limau kasturi. Sempat bingung limau kasturi yang seperti apa sih? Dilihat dari gambarnya sih seperti jeruk nipis tapi warna daging dalamnya kuning, kalau jeruk nipis kan bening. Wah, gak bisa nyobain nih meski ada apel hijau sebiji di kulkas. Artinya, Cuma dibaca-baca dan melirik-lirik resepnya doang.

Semalam pas belanja untuk menu hari ini di kios langganan,  gak sengaja lihat jeruk mungil tapi kulitnya lebih hijau gelap. Saya gak tanya itu jeruk apa, cuma tanya harganya sekilo 11 ribu. Wah lumayan juga ya batin saya hehehe. Akhirnya tertarik beli juga seperempat kilo saja. Untuk mengobati rasa penasaran saya. Sesampainya di rumah, saya lihat-lihat lagi resep dan foto jeruk di blog kak ita.
Daan, yees. Ini yang namanya jeruk limau kasturi. Yuhuuy, tadi pagi saya esekusi deh. Cuma ada salah satu bahan yang saya gak tahu alias asing namanya. Asam boi. Jadilah bahan itu saya skip termasuk gula. Pengen bikin jus yang lebih sehat gitu. Berikut resep yang sudah saya modif sedikit.


Apel Calamansi
Bahan :
1 biji apple hijau ~ buang biji tengahnya. Kulit jangan buang ( saya pakai ½ biji )
3 biji limau kasturi (saya pakai 2 biji)
1 biji asam boi (saya skip)
1 gelas air sejuk (saya skip)
2 sudu besar gula (saya skip)
ais secukupnya (saya pakai 100 ml air matang biasa)

Cara membuat:
-          - Potong-potong apel masukkan gelas blender
-          - Tambahkan perasan air jeruk limau kasturi
-          - Masukkan air, blender hingga halus
-          - Sajikan


Berhubung pengen yang sehat, tidak saya tambahkan gula. Bisa juga dikasih sedikit madu. Rasanya segar asam manis gitu. Asamnya dari apel grany smith dan manisnya dari limau kasturi. Mungkin kalau pakai gula, asamnya agak sedikit terasa. Meski begitu, Alhamdulillah enak segar dan Aiman sudah gak sabar pengen minum hehehe. Lumayan lama juga gak membuatkan Aim jus segar dan sehat begini hehe.

2 komentar:

  1. Kalau di tempat saya bilangnya jeruk sambal mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau jeruk sambal beda lagi mbak, ada lebih kecil dan kulitnya agak keriput

      Hapus