Selasa, 02 September 2014

Sup Kerang Dara

Semenjak lihat postingan sepupu di grup NCC, saya jadi tertarik dengan kerang ini. Ya, kerang dara namanya, melihat olahan kerang dara yang disup dengan bumbu sederhana namun menggoda saya untuk mencicipi. Apalagi saya ini termasuk orang yang jarang mengolah kerang. Kalau masakan seafood pasti gak jauh-jauh dari udang. Maka dari itu sewaktu belanja bulanan dan menemukan tumpukan kerang dara segar dengan harga terjangkau. Saya membelinya dengan pertimbangan suami bersedia makan tidak kalau saya mengolah bahan itu. Dia mengangguk saja.

Sebelum memutuskan untuk di sup, sudah sempat browsing resep lain dengan bahan utama kerang dara. Macam-macam dan malah membuat saya bingung. Ya sudah, keputusan akhir tetap dibikin sup. Menemani masakan lain yaitu tumis sawi dan tahu goreng. Semalam sudah sempat menanyakan resepnya ke sepupu karena sewaktu membaca postingan di grup saya gak sempat mencatat, eh gak ding, malas tepatnya. #eh

Ah, senang dong punya sepupu yang bisa diajak berbagi setelah sama-sama berumah tangga. Apalagi urusan dapur :D Berikut resep yang saya contek dari sepupu.

Bahan:
200 gr kerang dara segar
2 cm jahe, memarkan
3 lembar daun salam
1/2 sdt garam
1/2 sdm gula pasir
1 cm kunci
2 siung bawang putih, memarkan
2 buah bawang merah, memarkan
600 ml air

Cara membuat:
- Cuci kerang dengan cara disikat pakai air mengalir. Rebus sebentar dengan jahe dan daun salam untuk menghilangkan bau amis. Rebus sampai air mendidih saja.
- Tiriskan, buang airnya.
- Rebus air tambahkan bawang merah dan bawang putih, kunci, salam sampai mendidih, masukkan kerang.
- Tambahkan gula dan garam, aduk rata. Rebus kurleb 10-15 menit. Matikan kompor
- Sajikan.

NB: kalau mau ada rasa pedasnya bisa ditambah irisan cabe rawit secukupnya.

Tadi sempat kejadian, bingung cara buka kerangnya :D. Naasnya gak ada kerang yang terbuka dengan sendirinya satupun. Berhubung suami keburu berangkat kerja dan nanti g bisa makannya. Jadilah itu kerang saya geprek denga uleg-uleg hahaha. 
Nah, pas giliran saya tanya sepupu, ternyata caranya gampang, tinggal buka ujungnya yang berhadapan. dan taraaa...mudah apalagi kalau punya kuku yang panjang dan kokoh.
Alhasil sewaktu suami sya kasih tahu, jawabnya, "Aku makan remekannya kerang dong.." hahhaa
Maafkan diriku suamiku :D

Rasanya memang enak kerang ini dan kuahnya segaaar sedap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar