Minggu, 28 September 2014

Bola-Bola Pelangi

Saya bolak-balik lihat dan berpikir mengenai stok tepung beras di lemari dapur. Inginnya bisa dibikin sesuatu begitu. Sebenarnya banyak resep yang berbahan dasar tepung beras. Hanya saja saya kurang sreg dan waktu membuatnya sering berbarengan dengan olahan pesanan orang. 

Akan tetapi kemarin mendadak saya rajin kumatan. Dalam satu waktu bikin borongan cemilan. Mulai dari pempek lenjer, siomay ayam dan udang, es puding cincau dan bola-bola pelangi ini. Saya dapat resep bola-bola pelangi ini dari tabloid lezat yang sudah saya modifikasi. Namanya pun saya ubah jadi bolabola pelangi. 
Kalau saya perhatikan cara membuat adonan bola-bola pelangi ini seperti membuat adonan kue tradisional nagasari. Hanya saja adonannya tidak dibikin lembek seperti nagasari, tetapi adonannya dibuat kalis lalu dibentuk bola-bola. Di resep aslinya tidak ada isian dalam bola-bolanya, tetapi saya tambahkan potongan keju cheddar karena stok keju mozarela saya ternyata rusak. Berikut resepnya saya tulis ulangnya. 

Bola-Bola Pelangi

 Resep: Tabloid Lezat
Modifikasi : Ivonie

Bahan:
300 gr tepung beras
250 ml santan encer panas
1 sdt garam
 pewarna merah, orange dan hijau secukupnya
 1000 ml air
50 gr keju cheddar potong kotak kecil
Bahan saus :
200 ml air
125 gr gula pasir
3 sdm kecap asin
1 sdm tepung tapioka larutkan dengan sedikit air


Cara membuat:
- Campur tepung beras, garam dengan santan encer panas sedikit demi sedikit, sambil diuleni hingga adonan bisa dibentuk.
- Bagi adonan menjadi 3 bagian dan masing-masig beri warna merah, hijau dan orange. Timbang adonan seberat 8 gr, beri potongan keju ditengahnya, bulatkan, sisihkan. Lakukan sampai semua adonan habis termasuk warna lainnya.
 - Rebus air hingga mendidih. Masukkan bola-bola rebus hngga mengapung dan matang. angkat, tiriskan.
- Cara membuat saus; campur air, gula, kecap asin masak di atas api sedang hingga gula larut. Tambahkan larutan tapioka aduk-aduk hingga meletup-letup. angkat.
- Tata bola-bola dalam piring atau tusuk sate, siram dengan saus beri parutan keju secukupnya.
- Sajikan

Alhamdulillah rasanya enak. Tips sederhana dari saya, membuat adonannya usahakan lebih kalis dan lemas jangan kaku supaya pas direbus teksturnya lembut pas digigit dan lumer. berhubung bikinnya banyak, saya coba dikemas dalam mika dan buat menu jualan di titipkan kantin SD tempat tetangga saya mengajar.
Responnya? Alhamdulillah tak bersisa.


NB: untuk pewarnanya bisa juga pakai pewarna alami lho, kemarin saya gak sempat bikin pakai pewarna alami. Jadi makai pewarnanya secukupnya saja.

8 komentar:

  1. wah sayang sekali keju mozzanya rusak
    btw cara nyimpan keju yang bener itu gimana ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mama saladin, bungkus alumunium foil trus simpan di wadah kedap udara seperti tuppy

      Hapus
    2. bukan, keju greenfield . yg pabriknya di daerah gunung kawi

      Hapus
  2. Wah... ketipu saya... kirain klepon ubi... hihihi...
    Fotonya keren bgt mba.... ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang mengira begitu juga mbak Lina hihihi.
      Makasih mbak, masih belajar ini :)

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Haii..
    Numpang promo yah.. kami dari Cumapoker sedang bagi-bagi promo & bonus ni :

    - Promo Yang Di Sediakan #Cumapoker.
    * Bonus Turnover Up to 0.5% (Turnover Dalam 1 Minggu Akan di Totalkan)
    * Bonus Referal 20% (Berlaku Seumur Hidup)

    KAMI MENYEDIAKAN 6 GAME DALAM 1 USER ID ..
    Akan kami jelaskan juga untuk anda bagaimna mendapatkan bonus Turnover & Referal ^^
    Mari hanya dengan ajak teman-teman kamu, kamu akan mendapatkan bonus sebesar-besarnya ^^

    Untuk info lebih lanjut silahkan datang ke livechat kami www.cumapoker.com

    BalasHapus