Kamis, 25 September 2014

Sup Tomat

Seminggu ini menu saya serba sup. Mulai dari sup kacang merah, sup buntut dan hari ini sup tomat. Cuaca di Malang kalau siang panas sehingga menu sup ini sangat mendukung. Bisa dibilang saya jarang membuat sup. paling kalau untuk menunya Aiman saja.

Tapi ternyata menu ini pun disukai suami. Praktisnya lagi Aim bisa ikut mencicipi karena saya sesuaikan. Lain halnya kalau menu tumis, pasti saya masak tersendiri buat Aiman.
Setelah browsing resep sup tomat di internet, pilihan saya jatuh pada resepnya mbak Nina di sini. Rasanya enak dan cocok buat saya sekeluarga. Tetapi  isiannya saya sesuaikan dengan yang ada di kulkas hehe. Berikut resepnya saya tulis ulang ya.

Sup Tomat
 resep : Nina Agustina
Modif : Ivonie

Bahan :
3 siung bawang putih, geprek, cincang halus
1/2 buah bawang bombay uk sedang, cincang halus
1200 ml air
 1 buah iris tipis bulat bentuk bunga
50 gr macaroni
2 butir bakso sapi, iris kecil 
4 buah tomat, haluskan, saring
1-2 sdm saus tomat
Garam secukupnya
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1 batang daun bawang potong2
Bawang merah goreng secukupnya
Cara membuat :
- Didihkan air, masukkan wortel dan masak hingga setengah lunak.
- Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bombay hingga harum dan layu, masukkan dalam kuah.
- Masukkan bakso, macaroni.
- Tambahkan saus tomat dan tomat yg dihaluskan, bumbui dengan garam, gula dan merica dan pala bubuk,
- Masak hingga matang dan wortel dan macaroni lunak. test rasa.
- Menjelang diangkat, masukkan daun bawang.
- Matikan api dan siap disajikan hangat dengan taburan bawang merag goreng.

Tadi sebelum diangkat suami saya suruh test rasa. Soalnya kadang tingkat selera asinnya gak sama. jadi sekarang tiap masak saya usahakan agar suami ikut mencicipi biar sesuai selera kami berdua.Apalagi ini sekalian buat menunya Aiman. sebisa mungkin gak terlalu asin.
Untuk asamnya pun disesuaikan juga karen aim gak suka masam. Kebanyakan anak2 kan sukanya yang manis hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar